. KAMI MEMBUAT ALBUM DAN MENEMANI ANDA DI SETIAP TRIP ... PULAU HARAPAN, PULAU PRAMUKA, PULAU PARI, SAWARNA, GREEN CANYON, PAPANDAYAN, KRAKATAU, PAHAWANG, DIENG, BUKIT SIKUNIR, GUNUNG PRAU, BROMO, IJEN BALURAN, KARIMUN, MENJANGAN, BALI, LOMBOK, MOUNT RINJANI, MOUNT AGUNG, TAMBORA, BELITUNG, DERAWAN 2015 ... SEE U ON NEXT TRIP .

Gunung Sumbing

Gunung SUMBING : Catatan Pendakian
Teks by : Fahmie Ahmad

“Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro merupakan dua gunung yang selalu berpasangan, selalu berdua hingga ketika para pendaki sudah melakukan pendakian di Gunung Sindoro sepertinya kurang rasanya jika tidak sekalian mencicipi pasangan sejatinya, Gunung Sumbing”.

Basecamp Kledung (Sindoro) dengan basecamp Garung (Sumbing) memang tidak seberapa jauhnya bahkan kebanyakan dari para pendaki setelah melakukan pendakian dari gunung Sindoro, mereka (para pendaki) melanjutkan perjalanan ke basecamp Garung dengan berjalan kaki, karena memang jauhnya tidak seberapa.

Gunung Sumbing mempunyai ketinggian 3.371 MDPL, Gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Jalur pendakian Sumbing yang begitu terkenal hanya melewati basecamp Garung, jika kamu melewati jalur pendakian dari basecamp Garung, kamu akan menemukan dua jalur pendakian yaitu jalur baru dan jalur lama. Saya sendiri waktu itu dengan team melewati jalur lama, jalur yang cukup menguras tenaga.

Sebenarnya jalur lama dan jalur baru sama saja, yang membedakan adalah trek pendakiannya. Jika jalur lama cukup menanjak dan tidak ada air berarti di jalur baru ada sumber air hanya saja untuk meraihnya curam. Pestan (Pasar setan) adalah pertemuan jalur lama dan jalur baru, banyak dari para pendaki yang mendirikan tenda di pos pestan ini karena selain tempatnya luas dan lapang, di pestan juga bisa menampung tenda sebanyak 10 lebih. Sebenarnya pestan ini lebih sering terkena badai jika pada musimnya, rekomendasi buat mendirikan tenda hanya di  bawah pestan, dekat dengan semak-semak pohon agar bisa menghindari badai secara langsung. Di pestan, bangun tidur di dalam tenda, kamu akan di suguhi dengan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan gunung Sindoro, gunung Kembang dan Prau dari kejauhan, sangat cantik dan mengagumkan.

Saya tidak mencatat dengan detail berapa jam total yang saya dan team tempuh sampai puncak buntu karena kami kebanyakan istirahat lama dan keadaan hujan yang membuat susah buat mencatat berapa jam lamanya kami melakukan pendakian Sumbing tersebut. Tapi percayalah, Sumbing itu lebih romantis, lebih memberikan nuansa lain dari yang lain ketimbang Sindoro. Dan bagi yang pernah melakukan pendakian di gunung Sindoro dia akan kenal jalur trek di gunung Sumbing.

Salam lestari

Catatan kecil : Nama – nama POS di Sumbing

POS 1 MALIM
POS 2 GENUS
POS 3 SEDLUPAK ROTO
.   PESTAN
.   PASAR WATU
WATU KOTAK
.   TANAH PUTIH

PERTIGAAN :
1.      PUNCAK BUNTU
2.      PUNCAK KAWAH
3.      PUNCAK RAJAWALI

S :

http://mynameisfahmie.blogspot.com/2015/02/gunung-sumbing-catatan-pendakian.html#more


news
articles



ARTIKEL Lain nya...